Senin, 17 September 2012

Pengertian singkat mengenai menu dan fungsi dasar pada Camera DSLR

Menu Camera DSLR

Kamera DSLR secara umum memiliki 6 menu utama, yaitu :

1. Auto Program (Auto)
Pada mode ini kamera akan secara otomatis mengukur semua kebutuhan anda termasuk ISO, aperture dan speed yang dibutuhkan. Bahkan termasuk penggunaan flash. Menggunakan Mode Auto sangat mudah dan menghemat waktu,kecuali anda ingin setting kamera yang berbeda misalnya DOF tipis atau ingin setting kamera slow speed.

2. Program (P)
Menurut para Fotografer pada umumnya, Mode Program sudah mengcover 95% kebutuhan pengguna kamera. Mode ini seperti mode Auto juga sudah mengukur semua kebutuhan anda. Hanya saja flash tidak otomatis pop-up seperti di mode auto. Dan mode ini juga tidak sesuai untuk foto backlight seperti foto panggung.

3. Aperture Priority (A)

Mode ini juga dikenal dengan singkatan Av (Aperture Value Priority) pada sebagian kamera. Mode ini memberikan keleluasaan pada fotografer untuk mengubah nilai Aperture dengan menggeser dial/scroll. Mode ini banyak diandalkan fotografer karena dapat dengan cepat mengubah DOF sesuai keinginan fotografer. Bila ingin semua detail terlihat tajam, tinggal mengubah aperture menjadi F 8 atau F 11. Bila ingin bakcground subjek terlihat blur, tinggal mengubah aperture menjadi F 2,8 atau F 1,8.

4. Speed (S)

Mode ini juga dikenal dengan singkatan Tv (Time Value Priority) pada sebagian kamera. Mode ini memberikan keleluasaan pada fotografer untuk mengubah nilai Speed dengan menggeser dial/scroll. Contoh fungsinya misalnya ketika foto sport action outdoor di sore hari. Pasang mode S pada angka 1/800. Setting ini akan menjamin Speed selalu diangka 1/800 dan aperture akan berubah-rubah menyesuaikan dengan speed ini. Hasilnya semua foto akan "freeze". Fungsi lainnya adalah bila foto slow speed Air Terjun.Maka pasang Tripod, dan setting speed menjadi 1 detik akan menghasilkan foto aliran air yang seperti mengalir. Semakin lama, misalnya 5 detik, maka aliran air akan menjadi semakin halus.

5. Manual (M)

Mode Manual memberikan keleluasaan pada fotografer untuk mengatur Aperture dan Speed sekehendak hati. Yang harus diperhatikan dalam menggunakan mode manual adalah rentang exposure yang terlihat di view vinder kamera. Biasanya di mulai dengan angka -2, -1, 0, +1, +2. Angka 0 berarti setting Aperture dan Speed menghasilkan exposure yang tepat menurut kamera. sedangkan angka +1 berarti setting Aperture dan Speed akan menghasilkan exposure +1. 
Mode ini banyak dipakai di studio yang kondisi pencahayaannya terkontrol, Oleh fotografer yang menggunakan Lensa manual (kebanyakan lensa manual hanya bisa digunakan dengan mode manual), oleh mereka yang baru belajar fotografi agar lebih mengerti tentang exposure, Atau oleh mereka yang sudah sangat paham dengan exposure dan menggunakan mode manual seperti shortcut untuk memainkan nilai exposure. 

6. Scene 

Mode scene merupakan kombinasi dari berbagai setting pada kamera seperti setting ISO, Aperture, Speed, Color Balance, pengaturan RGB, mode drive (single/continous shoot), dll. Contoh scene mode adalah Mode Landscape, Portrait, Macro, Sunset, Night, dll.
Demikian penjelasan singkat ini, semoga bermanfaat.



*Isi dikutip dari berbagai sumber
 


1 komentar: